Jumat, 03 Mei 2019

[TUTORIAL] LINKTREE : CARA MEMASUKKAN LEBIH DARI SATU LINK WEBSITE DI BIO INSTAGRAM

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,
Halo netijen! Apa kabar? Duh, udah lama banget aku nggak buka blog ini. Kalo ibarat rumah pasti blog ini udah penuh debu dan sarang laba – laba, hehe.

Aniwei, aku nulis blog kali ini mau sedikit cerita tentang kegundahanku beberapa waktu yang lalu (ceileh). Jadi gini, aku punya akun Instagram yang aku pakai untuk jualan online tas gitu. Nah, aku mau masukkin link akun shopee di bio Instagram tersebut eh tapi ternyata untuk masukkin link website di bio Instagram kan Cuma bisa satu link aja. Nah, galau deh aku disitu, antara mau masukkin link website yang terhubung ke shopee atau link kontak WA, karena keduanya menurutku sama-sama penting.

Kenapa? Karena banyak pengguna Instagram yang nggak jadi beli suatu produk karena mereka males untuk nyatet kontak dari suatu online shop, aku sendiri salah satunya. Jadi kan kalo ada link yang menghubungkan ke kontak Whatsapp bisa sangat mempermudah calon pembeli.

Nah, setelah cari sana cari sini, ketemulah solusi dari permasalahanku, yaitu LINKTREE. Apa itu LINKTREE? Jadi Linktree anggap aja kayak pohon yang punya banyak cabang. Di tiap cabang – cabang itu nanti bisa kita masukkan alamat website yang mau kita inginkan.

Lalu, gimana sih caranya? Yuk, simak penjelasan berikut:
1.   Masuk ke http://linktr.ee dan buatlah akun di Linktree menggunakan Instagram agar terhubung langsung dengan Instagram kita.


2.    Setelah itu akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini. Klik tombol ADD NEW BUTTON / LINK untuk mulai menambahkan link website. Di kolom ‘Title’ silahkan bisa diganti sesuai keinginan. Kalo aku ganti jadi ‘Order via WA’ karena aku isi link yang menghubungkan ke kontak Whatsapp. Di bawah kolom ‘Title’ ada kolom untuk menempatkan link website.


 3.      Kalo masih mau memasukkan link website silahkan langkah kedua bisa diulangi hingga semua link websitenya selesai kita masukkin. Seperti contoh punyaku, disini aku memasukkan tiga link website, yaitu link untuk langsung dihubungkan ke kontak WA, LINE dank e akun shopee ku. Nah, kalo sudah selesai, pada bagian pojok kanan halaman ada kolom ‘My Bio Link’ silahkan copy link tersebut dan taruh di kolom situs di bio Instagram kita.


4.      Lalu seperti ini lah tampilannya kalo ada orang yang mengeklik alamat Linktree yang sudah kita cantumkan di bio Instagram kita.


Jadi kira – kira seperti itulah tutorial untuk menambahkan link website pada bio Instagram kita, mudah kan? Kalo masih bingung silahkan tonton video tutorialnya di bawah ini.



Semoga bermanfaat untuk kalian. Terimakasih sudah menyempatkan untuk membaca postinganku. See you!

1 komentar:

  1. Dri setiap link itu kalau dibuka kan masih kosong.bagaimana caranya memposting foto disetiap link nya agar kalau ada pengunjung yg mebuka link kita bisa melihat foto

    BalasHapus